Facebook Ilmuwebsite

5 CMS Forum Terbaik Untuk Membangun Website Berbasis Komunitas

Website berbasis komunitas memang betul-betul bisa diandalkan dalam menjaring member-member yang loyal, yang pada akhirnya menghasilkan trafic yang besar terhadap website yang Anda miliki. Apa iya? Dengan catatan bahwa komunitas tersebut betul-betul sangat hidup, penuh dengan interaksi. Banyak orang bertanya, banyak orang menjawab. Dan semuanya itu bisa di handle oleh engine yang betul-betul di siapkan untuk hal tersebut. Saat ini sudah banyak CMS Forum yang betul-betul mampu menangani kebutuhan pembuatan website berbasis komunitas, Anda bisa mengkostumisasi sesuai dengan yang Anda inginkan. Hebatnya forum-forum tersebut free, open source, Anda bisa menggunakannya sesuka hati.

1. FUDforum

FUDForum termasuk ke dalam forum yang tercepat, dan fleksibel, karena Anda bisa menggunakan FUDForum untuk komunitas yang kecil bahkan yang besar sekalipun dengan banyak moderator di dalamnya.



FUD betul-betul sangat bisa dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan, dan menyesuaikan kapasitas si server itu sendiri, paling tidak dengan FUD Anda betul-betul bisa membuat forum yang kuat, mampu membuat members, forums, posts, threads and attachments yang tidak terbats. Anda yang ingin melihat demonya silahkan kunjungi http://fudforum.org/forum/ untuk download silahkan masuk ke http://sourceforge.net/projects/fudforum/files/.

2. SMF

SMF merupakan forum kegemaran para web developer dan web designer, dan termasuk forum yang paling banyak digunakan, selain dari mudahnya mengkostumisasi, namun SMF pun memiliki banyak sekali fitur-fitur yang betul-betul sangat di butuhkan oleh seorang pemilik website berbasis komunitas.



4 kata yang paling cocok untuk menggambarkan SMF adalah, Elegan, efektif, Powerfull, dan gratis. Mantap! Anda yang ingin melihat demonya silahkan menuju ke sini http://www.simplemachines.org/community/index.php?P=2876c961c15dbaf11c9a2eaefe877628& , dan Anda yang tertarik untuk mendownloadnya silahkan masuk ke sini http://download.simplemachines.org/

3. phpBB 

PHPbb termasuk forum yang paling lengkap dokumentasinya, dan begitu kuat di supportnya, tersedia begitu banyak fitur dalam bentuk plugin dan template-template cantik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. PHPbb termasuk forum yang paling aktif mengupdate segala fiturnya.


Dan komunitas pengguna phpbb juga mampu menjawab semua pertanyaan Anda terkait penggunaan phpBB. Paling tidak memang phpBB di bangun di atas komunitas open source sehingga semangat berbagi pun betul-betul Ada pada setiap orang yang memanfaatkan phpbb. Bagi Anda yang ingin melihat demo phpbb silahkan lihat live demonya di sini https://www.phpbb.com/community/viewforum.php?from=submenu&f=46&sid=19ddf784b49999e0da572148318c323f, dan begitu juga jika Anda tertarik untuk langsung mendownloadnya silahkan masuk ke sini https://www.phpbb.com/downloads/

4. Dove Forums 

Dove Forum termasuk ke dalam forum yang harus Anda coba, karena dalam website officialnya dove mengklaim bahwa ia adalah Forum yang super ringan, cepat, elegan, simple dan powerfull.


Dove dibangun di atas framework CodeIgniter, sehingga Anda yang programmer bisa dengan mudah mengembangkan sesuai kebutuhan, tapi yang paling menarik dari Dove adalah sang Admin website bisa memoderasi thread, komentar, post, itu dengan cara inline editing, tanpa harus masuk ke dalam back endnya. Mantap kan? Dove betul-betul memiliki banyak plugin yang pastinya nanti akan Anda butuhkan. Silahkan di lihat demonya di sini http://www.doveforums.com/forums/latest-discussions/, bagi Anda yang tertarik untuk download masuk saja ke sini https://github.com/ChrisBaines/DoveForums

5. MyBB 

4 forum yang sebelumnya memang sama-sama open source, begitu juga dengan MyBB, namun mybb memang dirancang sesuai dengan kebutuhan enduser, dan pola alur penggunaannya betul-betul 'user friendly banget'.


Sudah ribuan website menggunakan MyBB sebagai forum tanya jawab para pengunjung.  Untuk melihat demonya silahkan kunjungi http://community.mybb.com/. Bagi Anda yang ingin mendownload di sini tempat nya http://www.mybb.com/download/

Forum-forum di atas bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk membangun komunitas dari para visitor website Anda yang dikonversi menjadi member. Namun saran saya bangunlah komunitas yang betul-betul spesifik, berawal dari hobi Anda. Artinya jangan semua bidang di garap, namun fokus saja sesuai bidang Anda. Itu adalah titik awal yang membuat website Anda tetap fokus dan ramai.

Selamat bereksperimen.

Posting Komentar

21 Komentar

  1. Wah, Gan
    Infonya bagus nih
    Jadi semangat mau ngelola website kantor
    hehehe,, silakan kunjungi website kami www.eminterior.com
    thanks gan sukses selalu

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. itu berbayar gan, ini yang gratisan gan

      Hapus
    2. owh gratisan ya sob...
      thank's udah berbagi

      djabdurrahman.blogspot.com

      Hapus
  3. InfoPemesanan:085600301644(indosat)
    pin bb kami:2B82A278

    INFO LENGKAP KUNJUNGI WEBSITE KAMI

    http://obatbiuspingsan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. jualan obat ngeri

      akhir-akhir ini semakin banyak yang nyepam di blog tercinta

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. beberapa saya sudah mencoba, lumayanlah, mesti harus mengelolanya lebih baik lagi.

    BalasHapus
  6. mantap infonya min.
    ini yg saya cari-cari. makasih banyak.

    Pengonaq Media

    BalasHapus
  7. Saya sebelumnya udah pernah buat forum kayak gitu tapi hanya sebatas mybb doang mas

    Bisnis Menguntungkan Terbaru
    Wisata Di Jogja
    hape

    BalasHapus
  8. ane pake phpbb, nih forum ane www.indofor.com mohon saran n kritiknya thanks

    BalasHapus
  9. http://www.roumobataborsi.blogspot.com

    BalasHapus
  10. http://www.roumobataborsi.blogspot.com

    BalasHapus
  11. gila keren gan sarannya,
    sering" gan buat yang beginian.
    biar bisa sambilan blajar juga aku gan hihihihihi ^_^

    Nonton Movie Subtitle Indonesia

    BalasHapus
  12. Ane pake SMS gan. Thanks sharingnya. Www.SyariahEdu.Net

    BalasHapus
  13. Mntap gan Infonya... oiya satu lagi nih ktingglan, Vanilla forum, nggk klah jga lho...
    Blog walking gan, thnks infonya. :D

    BalasHapus
  14. wah bagus ini mas, di bikin list dari yang bagus tapi gratis, oh vVulletin itu berbayar toh, membantu sekali mas

    BalasHapus
  15. Kalo yang forum kaya kaskus itu pake apa ya??? ada yang bisa bantu jawab..

    BalasHapus