Membuat Sistem Membership dengan PHP Memanfaatkan Relasi Antar Tabel MySQL

Sedemikian luar biasanya para teknopreneur menggunakan PHP dalam mengembangkan bisnis kreatifnya di dunia online, startup bisnis, biasanya para programmer preneur menyebutnya. Dan hampir semua startup bisnis online di bangun menggunakan php dan mysql.

Kali ini kita akan bicara banyak mengenai relasi antar tabel, yang betul-betul bermanfaat dalam pembuatan aplikasi berbasis php.

Tutorial PHP ini ditujukan untuk Anda yang sudah mengetahui dasar php dan mysql sebelumnya, bagi Anda yang ingin mempelajari dunia web development mulai dari HTML CSS, JQUery, PHP dan MySQL, CodeIgniter, serta joomla dan Wordpress, kami menyediakannya dalam satu bundel CD pembelajaran, lengkap sistematis berurutan dalam CD Ilmuwebsite Offline version. Materi berisi video dan teks. Anda bisa memesannya di sini http://store.ilmuwebsite.com/produk/koleksi/ilmuwebsite_offline_-_pelajari_web_development_jauh_lebih_mudah.

Pengetahuan dalam pembuatan relasi antar tabel pada database MySQL merupakan hal yang harus dikuasai oleh programmer. Mengapa? Banyak sekali alasan. Tapi yang lebih utama adalah efisiensi dalam penyimpanan data. Sebagai contohnya misalkan seperti ini, "suatu hari seorang programmer diminta untuk membuat sebuah aplikasi berbasis website dengan sistem membership di dalamnya.

Sistem membership. Memerlukan info seperti informasi login username dan password, namun juga diperlukan informasi yang lain berkaitan dengan data diri si user tersebut, seperti alamat email, website atau blognya, facebook, twitter, google plus, path, alamat rumah, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, dan lain sebagainya.

Dengan fasilitas membership user mendapatkan fitur tambahan, mungkin bisa melihat sesuatu yang tidak di dapatkan oleh user yang memang belum menjadi member. Misalkan bisa melihat artikel yang memang disediakan hanya untuk member.

Nah kesemuanya ini bisa di handle menggunakan relasi antar table, mengapa relasi? Karena hal yang luar biasa tidak efisien ketika semua atribut yang berkaitan dengan user seperti facebook, twitter, alamat, email, website, golongan darah, semuanya di masukkan ke dalam satu tabel. Relasi berguna pula untuk data rangkap, duplikasi atau redundansi, Relasi pun digunakan untuk menghindari anomali data, atau keanehan yang tidak biasa, manakala keanehan ini terjadi ketika seorang programmer melakukan operasi yang biasa seperti update, insert dan delete. Tapi tepatnya relasi table ini betul-betul bermanfaat ketika seorang user akan melihat data maupun ingin memodifikasi data.

Kita akan menggunakan sebuah kasus seperti yang saya jelaskan di atas, "Membuat sistem membership php dengan PHP memanfaatkan relasi antar tabel".

Untuk tutorial kali ini kita belum masuk ke dalam ranah koding, namun mempersiapkan terlebih dahulu DATABASE yang akan kita buat, yang mana table-tablenya harus dibuat se-efisien mungkin. Dan pada akhirnya juga menghasilkan relasi table yang efisien. Sebetulnya efisien atu tidaknya table itu akan Anda mengerti dengan cepat jika Anda sudah bertemu dengan momen di mana aplikasi Anda digunakan oleh puluhan ribu orang, atau lebih. Maka Anda menjadi betul-betul tahu apa yang harus dilakukan, dan luar biasa manfaat dari koding dan database yang efisiensi itu.

kita akan lanjut di bagian dua ...

bersambung ...

Loka Dwiartara
Admin ilmuwebsite.com
Founder kaffah.biz
DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Admin Ilmuwebsitecom

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar