Ayo Cek dan Benahi Kecepatan Website Anda Dengan GTMetrix

Kecepatan load dari sebuah website merupakan salah satu hal yang harus dan wajib anda perhatikan saat membuat sebuah website. Kenapa ? karena website dengan loading yang lama akan berpotensi ditinggalkan pengunjungnya, Anda tidak menginginkannya bukan?

Pada kesempatan kali ini saya masih akan membahas salah satu tools yang dapat membantu anda untuk menganalisa kecepatan load website serta memberikan anda solusi untuk membenahinya hanya dengan mensubmit URL website anda pada form test yang telah tersedia? Keren bukan ?

GTMetrix merupakan sebuah layanan
yang membantu Anda dalam menganalisa kecepatan loading sebuah website, selain itu GTMetrix juga akan memberikan solusi untuk membenahi jikalau ada sesuatu yang membuat load website Anda lama seperti gambar yang tidak sesuai, css yang berantakan dan lain sebagainya.

Berikut fitur GTMetrix yang sangat membantu :

1. Indikator Kinerja Website Anda

GTMetrix akan memberikan laporan analisa kecepatan website Anda berdasarkan indicator kunci kecepatan load sebuah halaman website. GTMetrix juga akan menganalisis halaman website Anda dengan menggunakan Google PageSpeed dan Yahoo Yslow untuk mengetahui kinerja website Anda. Indikator yang dilaporkan berupa grade A yang tercepat hingga F yang terlambat.

Fitur lainnya adalah jika terdapat kendala pada file file yang terdapat pada website anda seperti CSS, Javascript ataupun gambar, GTMetrix akan memberikan file yang telah diperbaiki untuk website anda. Wah baik banget yah ...

2. Tracking Kecepatan Website Anda Dengan Grafik Dan Alert

Fitur ini akan melacak kinerja halaman website Anda dengan waktu pemantauan yang dapat dijadwalkan dan memberikan visual berupa grafik yang interaktif. Fitur ini juga akan memberi tau Anda apabila terdapat sebuah halaman yang kurang baik.

3. Menganalisa Halaman Website Melalui Perangkat Android Asli

GTMetrix akan juga akan memberikan laporan kecepatan load website anda pada perangkat android yang digunakan di dunia nyata (bukan emulator). Anda bisa lebih mengoptimalkan kecepatan loading website anda pada perangkat mobile karena tentunya akan berbeda kecepatan sebuah website apabila dibuka menggunakan PC dan Mobile.

4. Test Kecepatan Website Anda Dari Berbagai Daerah

Salah Satu Kelebihan GTMetrix yakni dapat menganalisa beban yang digunakan untuk load website anda dari 13 server di 7 wilayah berbeda dari seluru dunia seperti Canda, UK, Australia, USA, India, Brazil dan China dan masih banyak lagi.

5. Record Beban Halaman Dengan Video

Dengan fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat dimana letak traffic yang membuat website Anda tidak semulus angkutan umum di jalur tol.

Selain beberapa fitur diatas, anda juga bisa mendapatkan fitur lebih banyak lagi dengan di GTMetrix Pro (berbayar tentunya.. ) Berapa harga dan apa saja yang anda dapatkan dengan GTMetrix Pro silahkan cek langsung ke situsnya https://gtmetrix.com/pro/ .

Saya kira demikian yang dapat saya sampaikan mengenai GTMetrix, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya. Salam

Irfan Maulana
Ilmuwebsite.com


DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar:

  1. Wah keren gan infonya, tetapi seharusnya link gtmatrix harusnya otomatis new tab, sehingga tidak mengganggu pembaca.

    Ini bisa disetting dengan menceklis open new tab pada link gambar saat membuat postingan.

    debetimes.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Wah sepertinya blog agan tidak menggunakan moderasi. Ini dapat mengundang spammers, dan merugikan blog Anda.

    Apa moderasi? Apa pentingnya buat blog saya? Cara membuat moderasi bagaimana?

    kunjungi saja link ini untuk menjawab pertanyaan diatas.

    http://debetimes.blogspot.com/2016/05/cara-mengatur-moderasi-komentar-blog.html

    Terima kasih.

    BalasHapus