7 CMS Populer Yang Cocok Untuk Membuat Toko Online Sesuai Kebutuhan Jualan Online Anda

Saat ini bertambahnya rasa percaya orang untuk bertransaksi online itu makin meningkat. Loh kok bisa? Ya sudah terbukti bahwa selalu ada peningkatan pertahunnya, menurut laporan Frist & Sullivan (Indonesia Telecom Outlook INdonesia - Go Online, 2012) ada USD 120jt 2010 atau setara dengan Rp. 1.440.000.000.000, pendapatan transaksi E-Commerce Indonesia, dan diperkirakan USD 650jt di tahun 2015, atau setara dengan Rp 7.800.000.000.000. Wow, uang sebanyak itu kalo dibelikan bubur ayam asli Cianjur bisa sampai berapa mangkuk ya? Nggak cuma buburnya, rumah dan sawah si tukang buburnya pun bisa terbeli. Sudah... sudah... sudah...

Luar biasa sekali, ini artinya akan terus Ada peningkatan setiap tahunnya. Lalu sayang sekali kalo Anda tidak bisa memanfaatkan orang yang sudah percaya transaksi online ini untuk beli produk dari Website ataupun Toko Online Anda.

Meskipun sudah ada tokobagus, berniaga, tokopedia, dan lain-lain, tapi tetap saja Anda perlu memiliki rumah tersendiri, yang ekslusif, dan nyaman untuk bertransaksi, website ataupun toko online sendiri. Kami tim ilmuwebsite.com bulan Agustus 2015 kemarin telah melaunching engine baru dari layanan membuat website ataupun toko online yang gratis selamanya, yakni kaffah.biz. Sudah lebih dari 120.000 user menggunakannya. Anda bisa mencobanya juga. Engine kaffah.biz yang baru ini bisa dikostumisasi secara maksimal, ekslusif dan lebih maknyus, menyesuaikan kebutuhan Anda dalam bertransaksi online. Tidak kalah dengan daftar CMS toko online populer yang ada di bawah ini. Namun apa saja sih CMS-CMS bermanfaat tersebut ?

Berdasarkan vote terbanyak, urutan yang paling digemari adalah sebagai berikut :

1. Thelia

Thelia merupakan solusi ecommerce, membuat toko online sesuai dengan kebutuhan Anda yang berada di bawah lisensi LGPL. CMS ini dikembangkan oleh timnya menggunakan framework Symfony 2. Yang jelas memang thalia paling digemari karena stabil dan performanya yang powerfull.



Anda bisa melihat demonya di sini http://demo.thelia.net/. Untuk mendownloadnya silahkan kunjungi http://thelia.net/

2. SEOTOASTER V2 E commerce

Kemudian di urutan ke dua adalah SEOTOASTER ECommerce, SEOTEOSTER mengadopsi sistem B2B, dan betul-betul mengedepankan sisi SEO dari enginenya.



Jadi kurang lebih SEO Toaster itu Engine CMS yang ada fitur Toko Onlinenya. Silahkan di coba demonya di sini http://free-ecommerce-solution.seotoaster.com/mountain-bikes.html . Untuk mendownloadnya silahkan masuk ke sini http://www.seotoaster.com/free-seo-software-shopping-carts.html

3. OpenCart

Nah inilah dia pilihan yang digemari oleh web designer Indonesia. Entah karena fiturnya yang lumayan powerfull, entah karena kostumisasi yang mudah, atau Entah mengapa aku tak berdaya, waktu kau bisikkan ... Loh? Kok malah nyanyi?



Open cart merupakan CMS khusus ecommerce yang kuat, solusi untuk Anda yang ingin jualan online. Untuk melihat demonya silahkan kunjungi http://demo.opencart.com/ Anda yang ingin mendownloadnya silahkan ke http://www.opencart.com/index.php?route=download/download

4. AlegroCart

Yang menarik dari Alegro adalah mudah sekali di kostumisasi dari segi enginenya, karena alegro dibangun menggunakan sistem MVC. Bagi Anda yang programmer pasti sudah tidak asing lagi dengan MVC. Dan jelas mudah.



Bagi Anda yang awam, seperti CMS lainnya Alegro pun memiliki kemudahan dari kostumisasi di sisi Adminnya. Untuk melihat demonya silahkan kunjungi http://www.alegrocart.com/demo/. Bagi Anda yang tertarik untuk mendownload silahkan ke http://forum.alegrocart.com/viewtopic.php?f=8&t=795

5. Onxshop

Yang unik dari onxshop adalah Front-end editing including fluid layouts. Yakni Onxshop memiliki kemudahan dalam pembuatan templatenya, Anda bisa membuat tampilan sesuka hati Anda. Cukup klak klik drag. Mudah sekali. Cocok sekali untuk Anda yang betul-betul pemula, dan menginginkan kenyamanan dalam kostumisasi. Dan juga Onxshop mengadopsi sistem MVC.



Hampir semua komponennya dipanggil menggunakan teknologi AJAX. Dan yang menarik tidak ada lagi plugin yang harus di Install. Untuk melihat demonya silahkan lihat videonya https://www.youtube.com/watch?v=ovY0JuMyRYo. Bagi Anda yang ingin langsung mendownload silahkan masuk ke http://onxshop.com/download

6. Quick.Cart

Nah, di posisi selanjutnya ada QuickCart memiliki fitur cms ecommerce pada umumnya, namun simple dan mudah sekali digunakan bagi orang awam. Nah yang mantap memang QuickCart menyediakan versi mobilenya.



Anda bisa melihat demonya di http://demo.opensolution.org/Quick.Cart/?sLang=en , atau bagi Anda yang ingin mendownloadnya  silahkan kunjungi http://opensolution.org/download,en,18.html?sDir=Quick.Cart.

7. osCommerce

Nah ini dia pilihan CMS selain OpenCart yang biasanya digemari oleh sebagian besar orang web designer, web programmer, atau pun pebisnis yang memanfaatkan internet untuk berjualan. Fiturnya lengkap, gratis pula. Ecommerce menjanjikan kemudahan, dan kecepatan



dalam membuat toko online dengan sedikit effort. Luar biasa, tepuk tangan untuk saya, eh CMS osCommerce prok prok prok prok... Untuk melihat demonya silahkan kunjungi http://www.opensourcecms.com/demo/1/235/osCommerce. Untuk mendownloadnya silahkan masuk ke http://www.oscommerce.com/Products.

Sekedar info saja bahwa dukungan akan template yang cantik banyak tersedia untuk Open Cart, Allegro dan OsCommerce, sedangkan yang lain tidak terlalu banyak webdesigner yang menyediakan templatenya, silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinganan Anda.

Semoga bermanfaat.

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Admin Ilmuwebsitecom

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

21 komentar:

  1. Prestashop kok nggak ada ya Mas?

    Ayodeal - Inspirasi bisnis dan peluang usaha

    BalasHapus
  2. Opencart bagus mas, template & modul-modulny banyak..

    lusiyana.com - Moslem Kids Store

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara koneksi databasenya gimana???

      Tolong balas di email saya, cahyo.exner@gmail.com

      Hapus
  3. mau bikin online shop buat masarin produk kumkm bagusnya apa yah ?? yg diatas currency nya bisa di setting rupiah gak ??

    PLUT ---- Pusat Layanan Usaha Terpadu

    BalasHapus
  4. Informasinya sangat bermanfaat pak!! Terimakasih

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Kalau menurut saya,cms e-coomerce yang paling enak ya opencart
    Sangat mudah untuk digunakan

    http://filemu.com

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Ini pada gratis semua kah?
    Makasih sharenya.. Website ane toko onis masih pke yii yg dbuat sendiri jd lbh susah.. Enak jualan online pke CMS ya sepertinya

    BalasHapus
  9. Saya menggunakan prestashop yang menurut saya powerfull, tetapi belum mencoba magento.
    Kendala prestashop adalah belum menyediakan modul pengiriman dan pembayaran yang sesuai dengan kondisi di Indonesia.
    Apakah cms yang lain memilki kendala yang sama?

    Pendi
    ardiplaza.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada modulnya mas, coba aja search prestanesia

      Hapus
  10. trimakasih infonya gan.
    kalau prestashop gmana gan?

    => Pengonaq Media

    BalasHapus
  11. Terimakasih infomanya mas. kalo saya lebih suka ama blogger aja, maklum belum bisa oprek yang lainnya. doakan kedepan saya bisa wordpressminimal heheheh

    Solusi Bau Mulut dari akar

    BalasHapus
  12. Ane demen pake prestashop. Oopreknya lebih mudah.modulnya komplit.

    BalasHapus
  13. Ane demen pake prestashop. Oopreknya lebih mudah.modulnya komplit.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. thx gan infonya, kalau saya lebih tertarik membuat toko online menggunakan Jejualan, tampilannya bagus dan fiturnya banyak

    BalasHapus
  16. prestashop mana? magento juga ga ada... menurut saya keduanya powerfull, sudah pernah develop. yang sering dipakai prestashop coz fiturnya komplit.

    BalasHapus
  17. Ada yang mau Source code marketplace menggunakan PHP oop

    BalasHapus