5 Plugin Ini Bisa Mengubah Wordpress Jadi Website Berbasis Komunitas

Website-website populer biasanya tidak hanya menjadikan seorang user/visitor itu hanya sebagai pembaca saja. Namun website tersebut pun menjadikannya sebagai wadah tempat bernaung bagi para user/visitor yang ingin berkontribusi akan konten terkait dengan tema website, seperti bertanya akan sesuatu atau ingin mengirimkan suatu artikel. Di artikel sebelumnya yakni Komunitas Online = Faktor Penunjang Bisnis Di Dunia Online? , pun saya telah menjelaskan bahwa website yang berbasis komunitas (non forum) sangat menunjang sekali dalam ber bisnis secara online.

Mengenai caranya bagaimana agar menjadikan orang untuk ikut berkontribusi mempublish sesuatu maka buatlah sebuah website dengan tema yang spesifik, satu bidang saja, di mana rasa untuk berinteraksinya sangat tinggi.

Mengenai teknisnya bagaimana, berikut adalah plugin-plugin wordpress yang cukup bisa menghandle itu semua.

1. User Submitted Posts

User submitted posts betul-betul plugin wordpress yang sederhana, plugin ini memiliki fitur agar user / visitor yang belum login sekalipun untuk dapat memposting artikel ataupun gambar/photo lewat sebuah form tanpa harus login dan tanpa perlu masuk ke backend terlebih dahulu.



Namun yang di submit oleh user statusnya tidak langsung publish namun sebagai artikel pending yang perlu di approve oleh sang admin. Namun semuanya bisa di setting sesuai keinginan. Ya plugin ini mensupport, posting, editing, dan delete artikel oleh setiap user masing-masing. Untuk info selanjutnya termasuk info download dan lain-lain silahkan masuk ke http://wordpress.org/plugins/front-end-publishing/

2. Frontend Publishing

Frontend Publishing merupakan salah satu plugin wordpress yang memungkinkan user untuk bisa mempublish/posting sesuatu di Website berbasis website milik Anda tentunya dengan syarat harus login terlebih dahulu.



Yang mantap dari FrontEnd adalah Anda bisa membatasi berapa maksimal kata di dalam judul artikel, di body, di bio (profile) dan juga membatasi tag ketika memposting sesuatu. Juga bisa mensetting maksimal link yang ada dalam satu artikel.

Plugin ini juga mendukung user level. Tidak seperti plugin yang lain, frontend publishing mendukung visual editor. :)

Untuk download plugin ini silahkan masuk ke http://wordpress.org/plugins/front-end-publishing/

3. WP User Frontend

Nah ini adalah plugin yang lumayan menarik, hampir semua fitur wordpress bisa di sesuaikan untuk keperluan user. Seperti berapa banyak gambar, tags, attacment, kemudian plugin ini juga membolehkan user untuk mengupload attacment. Asik kan? Dan sangat mudah sekali jika user ingin merubah profilenya tanpa perlu masuk ke backend dashboard wordpress.



Pastinya semua bisa dilakukan oleh user, dengan catatan harus login terlebih dahulu. Info selanjutnya bisa masuk ke https://wordpress.org/plugins/wp-user-frontend/

4. Really Simple Guest Post Plugin

Sama seperti namanya, plugin ini betul-betul plugin submission yang sangat sederhana. Plugin ini membolehkan user untuk mempublish sesuatu dari Front End wordpress. Walaupun user tersebut belum login sama sekali. Dari settingan wordpress.



Ketika user memposting sebuah artikel, maka otomatis statusnya menjadi pending. Dan perlu approval dari sang Admin. Sederhana sekali, hanya Ada judul, body artikel, dan pemilihan kategori serta tagsnya. Itu saja. Tapi bagi Anda yang ingin mencobanya silahkan saja kunjungi halaman wordpress pluginnya di http://wordpress.org/plugins/really-simple-guest-post/

5. Frontend Uploader

Lagi-lagi sesuai dengan namanya, FrontEnd uploader adalah plugin wordpress yang membolehkan user untuk mengupload sesuatu, seperti file ataupun gambar. Yang mantap adalah plugin ini membolehkan sang user untuk mengupload lebih dari satu file setiap postingnya.



Yang sangat sulit adalah, bagaimana melihat hasil dari yang sudah di upload tadi? Entah kemana perginya. :D. Dan harus membayar untuk bisa mengkostumisasi plugin ini agar sesuai kebutuhan. Silahkan kunjungi http://wordpress.org/plugins/frontend-uploader/ untuk info lebih lengkapnya.


Kesimpulannya adalah dua dari 5 plugin di atas betul-betul bisa digunakan untuk membuat website berbasis komunitas, di mana user bisa memposting sesuatu di website Anda, tanpa perlu masuk ke backend. Untuk membayar fitur yang lebih mantap, Anda harus membayar sejumlah uang, sesuai keperluan.


Loka Dwiartara
Admin ilmuwebsite.com
Founder kaffah.biz

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Admin Ilmuwebsitecom

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

9 komentar:

  1. Mantap gan artikelnya, langsung di ctrl + D dulu.
    Mas kalau plugin semacam lintas.me yang bisa submid link apa ya namanya?
    atau seperti komasiana yang bisa submid arikel, link, dan bisa koment artikel yang disubmid penulis tamu? Mohon pencerahannya. Trimssssssss....!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wp front end bisa gan itu, tinggal agannya aja yang harus kreatif gan

      Hapus
  2. Kalau untuk menambahkan peringkat buat user yang posting pakai apa ya mas, kebetulan saya lg pingin buat user submite d wp saya, nah buat apresiasi ubtuk yg posting ada ditur preibgkat

    BalasHapus
  3. Kalau untuk menambahkan peringkat buat user yang posting pakai apa ya mas, kebetulan saya lg pingin buat user submite d wp saya, nah buat apresiasi ubtuk yg posting ada ditur preibgkat

    BalasHapus
  4. Untuk memberi rating user yang posting pakai apa ya mas?

    BalasHapus
  5. gan klo mau buat page dasboard front-end gimana yah yang di dalamnya ada menu untuk lihat hasil post yang di post oleh user??

    balas via email jg ya gan

    BalasHapus
  6. mantap gan. agar bisa di moderasi dulu sama admin pake apa ndan?

    BalasHapus
  7. waooooo kren dan mantap nih, tidak perlu repot lagi cari guest posting weblain

    Jual Anabolic RX24

    BalasHapus
  8. Pusing pakai WordPress. Lebih nyaman Blogspot.

    BalasHapus