Tips Wordpress : Cara Gampang Menambahkan Iklan Di Tengah Post Pada Wordpress Tanpa Plugin








Halo halo halo... sekian lama tidak membahas mengenai wordpress, kali ini saya ingin mencoba kembali men-share pembahasan seputaran CMS wordpress. Karena kebutuhan pasar masih tetap mendominasi, dan seperti yang pernah saya jelaskan pada artikel-aritkel sebelum-sebelumnya Wordpress masih sangat mendominasi penggunaan CMS di dunia.

Sebetulnya apa yang akan di bahas ini masuknya itu ke pembelajaran wordpress, tips dalam Wordpress, orang dari luaran umumnya menyebutnya dengan sebutan "wordpress hack", cuma kalo sudah di lokal,  wordpress hack malah identik dengan cracking cms wordpress, seperti mencoba sql injection, xss, atau RFI maupun LFI, jadi daripada terdengar mengerikan kedepannya silahkan dibiasakan dengan panggilan Tips Wordpress ya ketimbang Wordpress Hack.  Oke nggak? Okein aja biar cepet, okeh!

Baiklah, sebelum kita mulai, paling tidak biar nantinya Anda memiliki sedikit gambaran mengenai maksud dari tutorial kali ini. Anda yang sebelumnya terbiasa dengan wordpress pasti sering mengalami kendala perihal bagaimana memasukkan Ads/Iklan ditengah-tengah konten wordpress, iklan ini bisa  berupa teks, gambar, maupun misalnya media video contohnya, iklan ini bisa berupa iklan produk/jasa milik sendiri, milik usaha perorangan atau perusahaan lain, misalnya seperti google adsense dan lain sebagainya.

Nah jika menggunakan plugin wordpress biasanya cukup memakan resource server, sebelumnya saya pernah mengalami ini dan cukup kelimpungan menanganinya. Hingga beberapa kali hosting kena suspended. Nah dari pengalaman yang akan share ini diharapkan Anda tidak perlu mengulangi kesalahan ini. Oke ya?

Sedikit menukik pembahasan, perlu Anda ketahui jikalau wordpress biasanya secara background process melihat keberadaan eksistensi plugin di dalam database, ada atau tidak, jika ada langsung eksekusi, jika tidak ... nah jelas-jelas pengecekan lewat database ini tentu memakan resource server. Lalu bagaimana solusinya?

Selain pengecekan plugin dan eksekusi plugin lewat melihat database yang ada, wordpress pun memungkinkan kita untuk bisa mengeksekusi kode php secara bawaannya melalui file template yakni functions.php,  enaknya di functions.php ini kode yang kita buat langsung bisa di eksekusi secara cepat tanpa mengecek database terlebih dahulu.

Langsung saja ya, kita persiapkan terlebih dahulu scriptnya ...

/* INI ADALAH KODE IKLAN ANDA BISA MENGGANTI ISI IKLAN DI BAGIAN VARIABLE $ad_code */

add_filter( 'the_content', 'prefix_insert_post_ads' );
 
function prefix_insert_post_ads( $content ) {
     
    $ad_code = '<h1 style="text-align:center;border:1px solid red; background: yellow; line-height:0; padding:30px;">Ini adalah Contoh Iklan Teks</h1>';
 
    if ( is_single() && ! is_admin() ) {
        return prefix_insert_after_paragraph( $ad_code, 4, $content );
    }
     
    return $content;
}
  
function prefix_insert_after_paragraph( $insertion, $paragraph_id, $content ) {
    $closing_p = '</p>';
    $paragraphs = explode( $closing_p, $content );
    foreach ($paragraphs as $index => $paragraph) {
 
        if ( trim( $paragraph ) ) {
            $paragraphs[$index] .= $closing_p;
        }
 
        if ( $paragraph_id == $index + 2 ) {
            $paragraphs[$index] .= $insertion;
        }
    }
     
    return implode( '', $paragraphs );
}



Kemudian silahkan Anda letakkan di file functions.php template yang sedang aktif, di bagian paling bawahnya. Contohnya seperti ini, saat ini saya sedang menggunakan template Twenty Seventeen,



Kemudian silahkan klik bagian tampilan lalu editor ...



Kemudian pilih file function



Lalu kopas kode di atas ke bagian paling bawah



Kemudian simpan.

Selesai, silahkan cek hasilnya ... akan muncul bentuk iklan seperti yang di beri background kuning seperti ini ...



Mudah sekali bukan???  Selamat mencoba, dengan menerapkan kode iklan yang diatas. Jika Ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di fasilitas komentar ya. Sekian pembelajaran wordpress, tips wordpress.

Semoga bermanfaat

Loka Dwiartara
Co-founder Ilmuwebsite.com





Ilmu Website

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==