Facebook Ilmuwebsite

Mau Bikin Web Untuk Sekolah ? Pakai Formulasi CMS Aja... Ini Dia Caranya!

Saat ini web sekolah merupakan hal yang wajib bagi sebuah institusi yang dinamakan sekolah, bahkan di beberapa daerah website resmi sekolah menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan akreditasi. Sayangnya beberapa sekolah masih kesulitan untuk membangun website resminya karena banyak faktor, terutama ketika sudah berhadapan dengan developer yang memasang harga tinggi, sudah begitu pekerjaannya tidak kunjung selesai.

Formulasi  CMS, Conten Management System buatan anak Indonesia ini merupakan solusi untuk website sekolah anda. Mudah cara membangunnya, gratis, dan yang tidak kalah penting, fitur-fitur yang disediakan juga sudah sesuai dengan kebutuhan sekolah. Berikut beberapa fitur yang disediakan oleh Formulasi  CMS.

  1. Pengelolaan Yang Mudah : Back Office yang sederhana dan mudah memberikan keleluasaan bagi operator untuk mengelola isi website sekolah yang optimal. Back Office menggunakan bahasa Indonesia.
  2. Berita Sekolah: Pengaturan berita sekolah yang dikelompokan berdasarkan kategori berita serta dilengkapi dengan fitur kata kunci (keyword) dan komentar oleh pembaca.
  3. Search Engine Friendly URL: URL merupakan salah satu komponen yang penting dalam meningkatkan pencarian terkait dengan kata kunci di mesin pencarian.
  4. Album Foto: Pengelolaan Galeri Photo yang dipergunakan sebagai visualisasi kegiatan dan moment sekolah yang telah dioptimasi.
  5. Buku Tamu: Tersedia layanan buku tamu sebagai fasilitas komentar pengunjung. Layanan ini dilengkapi dengan fasilitas tanggapan dari operator.
  6. E-learning: Tersedia fasilitas Latihan Soal online dalam bentuk Multiple Choice yang dibuat oleh guru, yang kemudian latihan soal ini bisa dijawab oleh siswa.
  7. PSB Online: Tersedia fasilitas Penerimaan Peserta Didik Baru yang mudah dikelola oleh admin dengan bentuk laporan yang bisa di download dalam bentuk MS Excel.
  8. Artikel: Kontribusi artikel yang disumbangkan oleh anggota komunitas (guru, siswa dan alumni) dapat memberikan informasi yang lebih baik dan bermanfaat kepada khalayak ramai dan dunia pendidikan
  9. Sistem Informasi: Tersedianya layanan informasi resmi sekilas statistik sekolah/data pokok pendidikan yang realtime dan uptodate untuk dapat dipergunakan oleh pihak yang berkepentingan.
  10. Search: Fasilitas untuk melakukan pencarian/penelusuran arsip berita, arsip artikel maupun arsip berkas yang disiapkan pada halaman depan.
  11. Online Chat: Guru dan siswa dapat berkomunikasi secara aktif dengan menggunakan fasilitas chatting sehingga menambah keakraban komunikasi antara guru dan siswa..
  12. Tema Website Sekolah: Kami menyiapkan tema tampilan website yang menarik dan bisa dipilih oleh operator sesuai dengan keinginan. Kami akan terus membuat dan menambahkan tema-tema yang baru.
  13. Yahoo Messenger Status: Menampilkan status terkini layanan Yahoo Messenger yang ditampilkan pada halaman depan, sehingga pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan operator.
Baik, sekarang saya akan menjelaskan cara membangun website sekolah anda menggunakan Formulasi si CMS. Saya akan jelaskan dengan cara yang gratis.

1. Anda bisa daftar gratis di http://host.formulasi.or.id/free-hosting-signup.php untuk mendapatkan hosting gratis, silahkan isi formulir tersebut seperti gambar dibawah ini :



2. Selanjutnya, jika anda berhasil mengisi formulir tersebut diatas, anda akan mendapatkan notifikasi sekaligus email untuk memverifikasi pendaftaran anda tersebut.



3. Selanjutkan anda akan mendapat account detail seperti gambar di bawah ini.



4. Langkah selanjutnya silahkan klik atau masuk ke Control Panel Url sehingga anda menemukan jendela seperti di bawah ini :



5. Masukan user dan passwordnya, hingga anda dapat benar-benar masuk ke control panel anda seperti di bawah ini :



6. Baik, sebelum melanjutkan langkah selanjutnya, silahkan anda download Formulasi CMS terbaru melalui link ini : http://cms.formulasi.or.id/p/download-cms-formulasi-terbaru.html

7. Jika sudah mendapatkan file Formulasi CMS terbaru silahkan anda cari di Control Panel File Manager seperti gambar dibawah ini :



8. Anda akan menemukan tampilan file manager sebagai mana berikut :



9. Pilih htdocs dan upload file Formulasi CMS yang telah anda download sebelumnya. Jangan lupa klik tombol checklist hijau di atas agar proses berjalan. Jika anda tidak bisa menguploadnya karena terlalu besar, anda bisa mengekstraknya kemudian mengubahnya menjadi dua part menggunakan winrar.



10. Jika anda sudah selesai mengupload Formulasi CMS anda ke hosting anda, anda bisa mulai mempersiapkan databasenya. Silahkan anda masuk ke PHP MyAdmin seperti gambar di bawah ini :



11. Buatlah sebuah database sehingga anda bisa mendapatkan seperti gambar di bawah ini :



12. Kembali lagi ke file manager, jika anda berhasil mengupload hasilnya seperti berikut ini :



13. Langkah selanjutnya anda bisa mulai menginstal dengan mengklik url sekolah anda, semisal http://miftahulfalah.host.formulasi.or.id/



14. Selanjutnya anda bisa mengisi form dibawah ini sebagai database website anda. Jangan lupa sesuaikan database dan user seperti yang anda buat sebelumnya melalui phpmyadmin.



15. Jika berhasil anda akan masuk ke jendela sebagaimana berikut di bawah ini :



16. Lanjutkan dengan melakukan setting website anda :



17. Dan terakhir anda bisa menyesuaikan nama juga alamat tempat dimana sekolah anda berada.



18. Jika langkah demi langkah dalam melakukan instalasi berhasil, anda akan mendapati website anda online dan siap untuk di kelola.


Demikianlah pembuka tentang Formulasi CMS untuk sekolah anda, selanjutnya saya akan jelaskan lebih dalam mengenai area administrasi Formulasi CMS. Tentu saja akan saya bahas di tutorial selanjutnya.

Yogi Wicaksono
Ilmuwebsite.com

Posting Komentar

1 Komentar