ColorZilla : Chrome Extension + Firefox Addon Pengecek Kode Warna Pada Website

Salam hangat, ini adalah tulisan pertama saya di ilmuwebsite.com yang membahas mengenai web desain dan perangkat-perangkat pelengkapnya . 

Tidak dipungkiri lagi saat ini tengah bermunculan desain website dengan berbagai macam jenisnya. Para netter berlomba-lomba membangun website mereka seprofesional mungkin. 

Salah satu yang mungkin membuat sebuah website menarik untuk dilihat adalah kombinasi warna dari website tersebut.

Pernahkah anda tertarik terhadap sebuah warna di dalam website ? pernahkan terbesit dibenak anda untuk bisa tau kode warna yang digunakan website tersebut ? Mungkin Anda bisa mencari tau melalui photoshop atauppun table kode warna. Namun sepertinya agak repot kalau menggunakan cara seperti itu. 

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas sebuah tools yang akan sangat membantu Anda untuk mencari tau warna yang digunakan oleh sebuah website untuk kemudian anda gunakan pada project anda.



ColorZilla, begitu nama toolsnya, ColorZilla merupakan sebuah add ons pada browser yang dapat membantu anda mencari tau kode warna yang terdapat pada sebuah website, asik kan ? Add ons ini gratis dan telah tersedia untuk Mozilla Firefox dan Google Chrome yang merupakan browser paling popular saat ini. Berikut akan saya bahas fitur dari add ons ini.

Fitur ColorZilla

  • Eyedropper – Fitur ini memungkinkan anda untuk mendapatkan warna apapun yang tertera pada jendela browser anda, Color Picker ini mirip dengan yang mungkin sering anda temukan pada photosop.
  • Zoom Option – Dengan fitur zoom ini anda akan lebih mudah untuk mendapatkan warna secara tepat di browser anda
  • Pallet Viewer – sepenuhnya kompatibel dengan GIMP (GNU Image Manipulation Program)
  • Webpage DOM Analyzer – fitur ini akan menganalisa serta mencari tau kode warna apa saja yang terdapat sebuah halaman website
  • Ultimate CSS Gradient Generator – Dengan fitur ini anda akan dipermudah untuk membuat gradiasi warna pada CSS sesuai dengan kebutuhan anda
  • Online Pallete Viewer – Anda bisa melihat dan menandai palet warna secara online, selain itu anda juga bisa berbagi palet warna ini melalui social media. Mantap.
  • History & Favorite Palletes – fitur ini akan mencatat palet warna yang telah digunakan dan palet warna apa saja yang sering anda gunakan
  • Multi Platform -  Tools ini bisa anda gunakan pada system operasi windows ataupun linux
  • Membuat komposisi sebuah warna mulai dari RGB, CMYK, HSV, LAB serta kode HEX nya sudah tersedia dalam sekali klik
  • Auto Copy Palet warna
  • Mengukur jarak antara dua titik di browser

Versi 

Saat ini Colorzilla telah merilis versi terbarunya yakni versi 2.8 dan telah telah terdapat pembaruan berupa UI Improvements dan Membenahi Bug yang terdapat pada versi sebelumnya

Nah, demikian beberapa fitur yang terdapat pada add ons Mozilla dan google chrome ColorZilla. 

Dengan fitur yang begitu powerfull tentunya akan sangat membantu kita dalam urusan warna mewarnai, terlebih tools ini bisa Anda download dan install secara gratis pada browser anda (horee gratisss hehe). 

Tertarik ? Anda bisa langung mendownloadnya disitus resminya http://www.colorzilla.com/
Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai salah satu add ons yang paling sering saya gunakan dalam mendesain sebuah website. Semoga bermanfaat.


DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar