Facebook Ilmuwebsite

Zepto.js : Alternatif JQuery! Jauh Lebih Ringan, Cepat, & Stabil

"Zepto is a minimalist JavaScript library for modern browsers with a largely jQuery-compatible API. If you use jQuery, you already know how to use Zepto." Kalimat tersebut di kutip dari zeptojs.com.

Paling tidak memang kalimat tersebut mewakili fungsional dari fitur-fitur yang diberikan oleh zepto. Ringan, dan kecepatan jadi goal atas ide awal pembuatan zepto.js.

Bagaimana tidak, jquery.min.js, (versi terbaru) alias jquery yang sudah di kompress memiliki size 94kb, padahal sudah dikompress, masih tetap saja berat. Jika dibandingkan Zeptojs yang sudah terkompress yakni 9.1kb, 10 kali lipat lebih ringan.

Berikut adalah grafik untuk perbandingan jquery yang versi lama dengan zepto.js.



Untuk pemula memang tidak jadi masalah karena masih dalam pembelajaran, namun masalah muncul ketika jquery digunakan oleh belasan ribu, hingga ratusan ribu visitor setiap harinya. Kinerja jauh lebih berat terasanya bukan? Terlebih lagi file jquerynya di tanam di server/hostingan. Kata kuncinya efisiensi dan penghematan.

Atau contoh lainnya jika Anda menggunakan cordova dalam pembuatan aplikasi mobile, dipadukan dengan JQuery mobile (sudah pasti mengincludekan JQuery.min.js) atau framework mobile lainnya yang memberikan fitur hybrid mobile application, terasa sekali berat dan lambat. Developer luar menyebutnya dengan kasar "suck application". Namun beda halnya jika Cordova, dipadu dengan Zepto.js dan pure css framework tanpa ada kode js. Bisa jadi good application mobile bukan.  Tapi tetap tidak bisa disandingkan dengan applikasi mobile yang dibuat dengan bahasa asli android tentunya yakni java.

Secara teknis Zepto.js  memiliki sebagian besar fitur jquery, yang sering digunakan oleh web developer dan web designer. Sehingga tidak ada masalah, dan bisa langsung action.

Perlu diketahui zepto.js berada di bawah lisensi MIT, sehingga Anda bebas menggunakannya secara free. Untuk pembuatan plugin pun zepto.js memberikan ruang develop yang sama persis dengan Jquery.

Tidak usah berpanjang lebar, langsung saja mencicipinya http://zeptojs.com/

Loka Dwiartara
ilmuwebsite.com

Posting Komentar

7 Komentar

  1. zeptojs itu support ie 6 gak min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Internet Explorer 10+ (Windows, Windows Phone) gan

      Hapus
    2. yang make IE 10 ke bawah kan juga jarang gan :(

      Hapus
  2. keren min, tq infonya, jangan salah min,, kalo ie 10 ke bawah.. masih banyak juga min,,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal di kasih keterangan aja gan, silahkan upgrade IE nya

      Hapus