Dari JavaScript Menuju NodeJS: Yang Harus Anda Ketahui Mengenai JavaScript

Untuk bisa menguasai javascript, saya menyarankan ada sebelumnya untuk menguasai HTML terlebih dahulu. Tidak perlu HTML5 tapi paling tidak generasi sebelumnya sudah cukup mendukung pembelajaran javascript, menuju NodeJS.

Apa yang diterangkan dalam pembahasan javascript di sini dan kedepannya mendukung pembelajaran NodeJS lebih mudah nantinya, sebuah teknologi yang dipastikan mengubah persepsi Anda terhadap programming tools yang ada sekarang.

Saya pernah membahasnya bahwa NodeJS bisa jadi bahasa pemrogaman masa depan, meski begitu beberapa website raksasa internet sudah menggunakannya sebagai tulang punggung di balik berjalannya layanan berbasis website ini. Silahkan simak pembahasan lengkapnya di sini ...

Baiklah pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas bagaimana awal menggunakan javascript. Kali ini kita akan ketahui apa saja sih yang bisa di lakukan JavaScript saat ini, sebelum kita benar-benar menggunakan JavaScript dalam NodeJS nantinya.

Apa saja Kehebatan JavaScript Saat Ini ?

JavaScript awalnya bernama EcmaScript di desain dengan tujuan agar bisa membuat halaman HTML jadi jauh lebih interaktif. Javascript merupakan bahasa pemrogaman yang oleh sebagian besar website saat ini digunakan sebagai ClientSide Scripting, sampai munculnya NodeJS yang pada akhirnya mengubah JavaScript menjadi ServerScripting yang mampu integrasi dengan database.

Tapi pembahasan kali ini dan kedepannya kita hanya membahas JavaScript sebagai Client side, meskipun begitu ini menjadi dasar yang kuat agar kita bisa mempelajari JavaScript sebagai server side nantinya.

JavaScript terkenal sangat ringan dan mudah dalam implementasinya, dan untuk saat ini biasanya script javascript di embedkan (disisipkan) ke dalam halaman HTML. Javascript bisa langsung dijalankan dengan model intepreter, artinya tidak perlu dikompilasi dulu agar bisa berjalan mulus. Jelas berbeda antara nodejs dengan javascript saat ini. NodeJS, meski masih javascript, namun nodejs adalah server side scripting yang berdiri sendiri.

Lalu Apa Bedanya Java Dengan JavaScript?

Jelas ini dua hal yang berbeda, dari konsep dan desain bahasanya. Java di buat oleh Sun MicroSystem, adalah bahasa yang powerfull dan sangat kompleks layaknya bahasa C dan C++.  Sedangkan javascript sudah saya jelaskan sebelumnya.

Fungsi JavaScript Umumnya

Apa yang menjadi fungsi javascript itulah yang akan kita bahas pada pembelajaran javascript sesi ini dan kedepannya. Sehingga nantinya ini menjadi bekal agar bisa menguasai javascript dan menaikkan level untuk mempelajari NodeJS. Berikut adalah fungsi yang umum pada javascript.

JavaScript diperuntukan kepada WebDesigner, karenna sintaksnya yang sangat mudah dan sederhana membuat siapapun bisa memanfaatkan javascript walaupun hanya menyisipkan beberapa baris kode agar berjalan di halaman HTML-nya.

Javascript bisa menjadikan HTML jauh lebih dinamis dan interaktif. Javascript mampu membuat penambahan elemen html. Menggunakan fungsi document.write('elemen html-nya'). Dan dalam javascript pun terdapat variable yang bisa Anda manfaat kan sesuka hati, agar membuat HTML menjadi atraktif.

Yang paling keren dari javascript saat ini adalah, membaca elemen HTML dan tentunya menulis elemen HTML. Yang biasanya ini disebut dengan istilah DOM (Document Object Model).

Javascript bisa digunakan untuk memvalidasi form inputan, misalkan Anda akan memvalidasi terlebih dahulu inputan yang dimasukkan itu sudah benar atau belum formatnya, misalkan ketika memasukkan alamat email ternyata salah, Anda bisa memanfaatkan javascript ketimbang membebani server side programming seperti PHP misalnya. Dan ini jauh lebih menghemat resource server.

JavaScript bisa mendeteksi browser visitor termasuk atribut-atributnya seperti resolusi, sistem operasi, dan lain sebagainya hingga lokasi user. Yang kemudian fitur GEO Location ini diembedkan ke dalam fitur HTML 5.

Yang terakhir adalah JavaScript bisa membuat cookie, cookie ini berisi informasi yang berguna untuk browser membedakan user yang satu dengan user yang lain. Sehingga aplikasi website bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Saya rasa cukup, kedepannya kita akan lebih menyelami secara mendalam, javascript, fundamental web development. Semoga bermanfaat.

Loka Dwiartara
Admin ilmuwebsite.com
Founder Kaffah.biz

DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Admin Ilmuwebsitecom

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar