Membuat Pekerjaan di Online Serba Otomatis Dengan CURL WebBot

Sebelumnya di ilmuwebsite.com beberapa kali disinggung perihal bahwa robot internet/web bot/bot saja, memudahkan pekerjaan seseorang di dunia maya, di online, internet, cyber atau apapun lah Anda menamainya.

Seperti misalnya ketika Anda mengamati sebuah halaman website yang mengharuskan Anda harus login terlebih dahulu, kemudian ketika ada sesuatu yang berubah di halaman website tersebut, yang mana perubahan terjadi bukan dilakukan oleh Anda sendiri melainkan oleh suatu pihak yang menyediakan sebuah layanan, ketika ada perubahan yang terjadi maka hal tersebut diberitahukan oleh WEBBOT dengan cara mengirimkan infonya ke beberapa email, maupun nomor WhatsApp, ataupun SMS secara otomatis tanpa Ada operator, yakni oleh WEBBOT itu sendiri.

Bingung ya? Misalkan seperti inilah, Anda adalah seorang pengusaha yang menjual produk secara online dan memiliki beberapa pegawai yang menangani perdagangan ini. Anggaplah Anda memiliki 4 orang pegawai, yang pertama itu di bagian keuangan kedua dibagian produksi, , yang ketiga di bagian sales/customer service, dan yang terakhir di bagian pengiriman.

Misalkan Anda menjual produk herbal seharga 950rb rupiah, lalu ada pembeli yang melakukan transaksi online. Setelah bercakap-cakap dengan customer service (yang tidak lain adalah pegawai Anda) maka si pembeli tersebut fix untuk melakukan transaksi. Si sales menanyakan alamat si pembeli, dan mendatanya sebagai customer dengan NOMOR INVOICE 123, pembeli diwajibkan mentransfer sejumlah uang berikut ongkos kirimnya misalkan yang ditransfer adalah 1jt rupiah, membeli produk herbal seharga 950rb, beserta ongkos kirimnya 50rb menggunakan JNE tarif YES.  Di tambah dengan angka unik yang membedakan ia dengan kostumer lainnya, misalkan angka uniknya adalah 123.

Sehingga si pembeli diharuskan mentransfer Rp 1.000.123. Jika pembeli tidak mentransfer sesuai dengan yang diinformasikan maka Anda bisa mengancam dengan sesuka hati bahwa pengiriman bisa lebih lambat dari biasanya, uangnya akan hangus, dan sipembeli akan dipenjarakan, karena tidak mengikuti prosedur.  :D.

Nah ketika uang ditranfer sesuai dengan jumlah yang telah diinformasikan, anggaplah si pembeli telah mentransfer melalui ATM. Sejumlah 1.000.123, maka Anda sebagai seorang owner tidak lagi mengecek apakah uangnya sudah masuk atau belum. Tapi pekerjaan mengecek-ngecek dan memberitahukan pegawai Anda bahwa ada transaksi baru ini dilakukan semuanya oleh WEBBOT.

WEBBOT dikonfigurasikan sedemikian rupa, ketika Ada transfer yang masuk yakni 1.000.123, WEBBOT mengirimkan email ke bagian keuangan, bahwa tanggal sekian jam sekian Ada yang masuk dengan nominal sejumlah sekian, lalu webbot akan memberitahukan pula dengan email ke bagian sales, bahwa transfer sejumlah 1.000.123 sudah masuk, lalu dengan email pula webbot memberitahukan bagian produk dan pengiriman, dengan keterangan tambahan berisi alamat sipembeli, kemana paket akan dikirimkan. Dan terakhir WebBot memberitahu Anda via SMS maupun WA, dan WebBot pun langsung membuat status baru di sebuah halaman bahwa transaksi dengan NOMOR INVOICE 123, sedang dalam proses pengiriman.

Setelah bagian produksi dan pengiriman selesai, maka bagian pengirim cukup mengirimkan SMS ke nomor HP SMSGATEWAY diintegrasikan WEBBOT, berisi nomor invoice dan nomor resi JNE dengan format seperti di bawah ini :

123#BOOD8001653414#KIRIM

SMSGATEWAY akan menerima dan WEBBOT akan mengecek bahwa pengiriman sudah dilakukan dan nomor resinya sudah Ada, maka WEBBOT langsung merubah staus dari "sedang dalam proses pengiriman" menjadi "sudah dikirim dengan resi BOOD8001653414"

Semua yang berhubungan dengan online yang berhubungan dengan administrasi jualan dilakukan secara otomatis, tanpa Ada operator satu pun. Semuanya lebih mudah berkat WEBBOT. WEBBOT ini dibuat menggunakan CURL, dan Anda pun harus menguasai PHP.

Anda pun bisa mengaplikasikannya ke dalam kegiatan yang lain. Semuanya hanya dibatasi oleh imajinasi Anda saja.

Baiklah kita akan membuat semua yang telah saya bicarakan diatas dibagian kedua. Mulai dari WEBBOT hingga integrasi WEBBOT dengan SMSGATEWAY. Gimana? Asik bukan?

Semoga bermanfaat

Loka Dwiartara
Admin ilmuwebsite.com
Founder kaffah.biz
DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Admin Ilmuwebsitecom

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar:

  1. seru nih, mana bagian integrasinya dong min? hehe

    BalasHapus
  2. Kalau saya mau pesan atau di buatkan untuk website sy itu harga/ biayanya berapa ya smuanya? No yg bs sy hubungi? Pin bb, wa, telegram atau yg lain? Thanks

    BalasHapus