ACF: Lebih Mudah Dan Rapi Tangani Custom Field Wordpress

Jika Anda seorang pengguna wordpress yang maniak namun bukan seorang web developer spesialis wordpress, atau Anda yang sedang mempelajari lebih dalam CMS Wordpress, maka penggunaan fitur Wordpress yakni custom field di pastikan sering dimanfaatkan nantinya untuk kemudahan dan efisiensi pada penyelesaian project-project website yang dikerjakan.

Namun sebelum masuk ke dalam topik pembahasan yang utama, bagi Anda yang belum mengetahui manfaat dari custom field perlu mengetahui apa sih custom field di wordpress, dan apa sih fungsi dari custom field tersebut? Bukan begitu? Betul?

Apa Itu Custom Field? Apa Fungsinya ?

Custom field di wordpress sangat berguna sekali untuk memberikan atribut tambahan pada suatu post type di wordpress, tapi umumnya / standarnya / bawaannya itu digunakan untuk menambahkan atribut pada suatu post / artikel di wordpress. Sebagai contohnya adalah misalkan ketika Anda membuat portal news, dimana portal ini memiliki keseragaman letak gambar, misalkan di samping kanan, di samping kiri, bahkan di tengah-tengah teks, ditambah dengan caption dan keterangan tiap gambar yang menuntut penempatan yang rapi dan pas.

Atau contoh lainnya misalkan ketika Anda ingin membuat portal property, menggarap template sendiri, sudah pasti nanti setiap post yang berkaitan dengan properti seperti berapa kamar, berapa kamar mandi, ada garasi atau tidak, SHM, harganya dan lain-lain di pastikan sangat membutuhkan custom field untuk melengkapi atribut-atribut ini. Jelas fungsinya nanti adalah klasifikasi berdasarkan custom field tertentu, meski sebetulnya bisa juga dengan category, tapi custom field membuat semuanya jadi jauh lebih rapi, dan jauh lebih mudah. Banyak sekali contoh dalam penggunaan custom field.

Untuk mengaktifkan custom field cukup mudah, cukup pilih screen options pada setiap post yang akan di buat, lihat cusor mouse gambar di bawah ini (menunjuk ke bagian screen options)



Akan muncul custom fields seperti ini, dan Anda tinggal ceklis saja untuk mengaktifkannya




Dan jika di scroll ke bawah akan terlihat tampilan seperti ini ...



Misalkan Anda ingin menambahkan gambar kiri atas, agar posisi gambar terlihat rapi dan rata untuk setiap postnya, Anda tinggal buat misalkan gambar_kiri_atas di bagian name, dan bagian valuenya di isi dengan URL si gambarnya



Kemudian tinggal klik Add Custom Field...

Untuk menampilkan di template cukup sederhana, silahkan kunjungi dokumentasi manual penggunaannya di sini http://codex.wordpress.org/Custom_Fields. Cukup jelas dan sederhana.

Apa Itu Plugin ACF - Advanced Custom Fields

Namun ternyata dari pada nggak karu-karuan membuat custom field tanpa jelas jenis atributnya, karena semuanya di anggap string, dan untuk newbie/user/pengguna yang seperti ini sangat merepotkan, sebagai solusinya Anda bisa menggunakan plugin ACF, Advanced Custom Plugin. Seperti apa sih ? Sederhana saja, masuk ke menu plugin > Add New plugin di wordpress dashboard milik Anda kemudian gunakan keyword advanced custom fields di fasilitas searchnya ...



Silahkan pilih Advanced Custom FIelds yang deskripsinya "Fully customise WordPress edit screens with powerful fields..."



Setelah Anda install maka akan ada satu menu tambahan Custom Field di wordpress dashboard Anda



Untuk penggunaan selanjutnya sangat mudah dan sederhana, dengan ACF ini memanfaatkan fungsi custom field jauh lebih mudah, karena jika di lihat field type yang ditawarkan betul-betul memanjakan pengguna wordpress nantinya.



Agar bisa di integrasikan dengan template silahkan kunjungi http://www.advancedcustomfields.com/resources, di jelaskan secara detil cara penggunaannya lebih lanjut.


Semoga bermanfaat

Loka Dwiartara
Admin ilmuwebsite.com
Founder kaffah.biz
DVD Video Tutorial : Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Aplikasi Website - Membuat CMS Sendiri Dari Nol, Blog, Portal Berita, Ecommerce, Web Komunitas dengan CodeIgniter 3 JQuery AJAX Bootstrap

Video Tutorial Kursus Web Development Komplit Bangun 5 Project Website ini merupakan ‘penunjuk arah’ agar Anda yang sedang maupun baru akan terjun ke dalam dunia web development yang lebih mendalam memiliki peta perjalanan pembelajaran yang lebih terarah menuju web developer professional. (Disertai pembelajaran dasar HTML CSS, JQuery, PHP & MySQL, CodeIgniter) Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Admin Ilmuwebsitecom

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar